Wednesday, October 1, 2014

#Foodcombining Newbie

Assalamualaikum,
Curi-curi waktu lagi buat ngeblog.

Jadiiiii denger soal Food Combining udah lama sebenernya. Mulai aware dan ngikutin teori, pakem, dan juklaknya sih by twitter karena waktu itu emang lagi pada happening kan tuh follow twitnya @erikarlebang , selain @mrshananto. Yah pokoknya yang hitz di dunia kicau gue follow deh, tapi belom tentu gue praktekin. Cuma sekedar follow dan baca-baca aja haha.

Nah terus, tiba saatnya Keevara menginjak 6 bulan yang artinya mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Maka gue banyak-banyak baca dan browsing soal metode makan buat anak gue yang mau gue aplikasikan ke dia. Akhirnya memutuskan BLW, nah blw pun ga punya pakem harus kasih makan apa duluan, atau pagi apa siang apa. Maka gue tambah bingung. Akhirnya gue memutuskan untuk setengah FC buat anak gue. Yaitu sarapannya sarapan buah. Kalo siang dan malamnya ya karbo, sayur, protein, bebas. Lah kalo anaknya udah sarapan buah, kenapa nggak ibunya sekalian sarapan buah? Jawabnya simpel aja. Kalo ibunya ikutan sarapan buah, nanti buahnya cepet abis dan harus belanja lagi, dan cepet keluar duitnya lagi? Haha. Alasan yang sangat fundamental.

Nyambung sama blogpost gue sebelumnya, yang mana gue ngerasa gendut2nya. Akhirnya memutuskan untuk jalanin FC dengan benar. Karena gue belom pernah nyobain dengan benar.
Akhirnya mulai google lebih dalam soal FC ini, yang tadinya niatnya cuma buat langsing enak diliat. Maka gue berubah niat, yang penting gue sehat. Makan makanan bergizi. Gue pun youtubean artis2 yang ikut FC, youtubean erikar lebang, gue baca blog review tentang FC, google contoh menu FC apa aja. Alhamdulillah makin semangat buat ngejalaninnya.

Apa itu FC? Silakan googling. Haha.
Yang gue catat dan tanamkan hanyalah yang garis besarnya. Alasannya dan kenapanya gak gue pikirin, karena sangat biologi banget yang mana gue ga paham. Lagipula gue tipe yang kalo dibilangin yang bener ya manut aja haha.

Food Combining menganut pola makan sesuai jadwal pencernaan kita.
04.00 - 12.00 : tubuh kita sedang memasuki tahap pembuangan, maka sarapan yang pas adalah sarapan buah. Karena buah gampang dicerna, kalau kita sarapan yang berat-berat malah memberatkan pencernaan kita yang berefek ngantuk. Jadi selama itu terus sarapan buah jika laper terus.
12.00 - 20.00 : tubuh kita lagi mencerna segala yang masuk ke perut. Maka boleh makan apa aja asal sesuai juklak (sayur dengan karbo atau protein hewani dengan sayur mayur).
20.00 - 04.00 : tubuh kita sedang masuk fase penyerapan apa yang telah kita makan.  Maka di jam ini kita tidur dan tidak mengonsumsi makanan apapun.

Menurut FC, pencernaan kita gak bisa mencerna semua jenis makanan sekaligus. Maka harus dimakan pisah-pisah. Dan ingat, konsumsi buah pada saat perut kosong, bukan sehabis makan berat untuk pencuci mulut!

Pati (karbo) tidak boleh di makan berbarengan dengan protein hewani (daging merah, daging ayam, ikan)
Pati boleh dikonsumsi dengan sayuran (karbo + sayur)
Protein hewani boleh dikonsumsi dengan sayuran. (Daging2an + sayur)
Adapun makanan yang setau gue boleh dimakan bareng semuanya (karbo , sayur, protein hewani) adalah tempe, tahu, telor, jamur, seafood?

Jadi simpelnya gini deh, tiap bangun pagi gue
Minum segelas air putih hangat + perasan lemon atau jeruk nipis
Lanjut minum air putih biasa
Lanjut sarapan buah (apel, jeruk, melon, pepaya, pisang, dll)
Siang jam 12.
Makan nasi merah (brown rice) + sayur-sayuran (tumis sayuran, atau sop)
Malam jam18.00
Makan sayur mayur (atau salad mix yang tinggal beli dicampur salad dressing) dengan protein hewani (ikan, ayam, daging).
Menu makan siang dan malam boleh dituker.

Awalnya emang bingung banget dehh, seakan gue mau masak aja udah ribet mau masak apa, lah ini ditambah harus ngikutin juklaknya!
Akhirnya ya yang paling simple, sayuran dibikin tumisan atau sop. Dagingnya dipisahin sendiri, kadang panggang, goreng, dll.

Hambatan melaksanakan FC ini adalah suami gue sendiri! Haha. Dari dulu gue ga jalan2 FC nya tuh kayanya karena disanggah mulu sama suami yg notabene nya anak gym. Penganut sarapan berat, dan dia emang selalu. skeptis sama hal baru, apalagi taunya dari istrinya! Hidih makin diabaikan deh, tp begitu gue bertekad. Gue maju terus, bodo amat dia mau terima apa gak yang gue masakin dan bekelin. Kalo ga suka silakan masak sendiri huehue. Simpel. 
Oiya dan hal yang gue bikin makin yakin juga karena ibunya sendiri menganut FC haha at least gue merasa ada support dan validasi *halah opo tho* yang artinya, suami gue gak bisa menskeptiskan gue begitu saja. Dan sebenernya, setelah gue ingat2 kayanya dulu buku Food Combining by Andang *siapa gitu* yang covernya foto ibu2 ditemani buah2an, selalu seliweran di rumah gue waktu nyokap masih ada. Gue pun tak tahu dia FC 100% apa enggak, sebelum atau sesudah penyakit kankernya.
Jadi intinya sampai sekarang gue belum baca satupun buku tentang FC, pengen banget tapi belom ada yang bisa dititipin bukunya dari indo.

Lalu, apa yang gue rasakan setelah menjalani FC dua minggu? Hmmmmmmmm sejujurnya pun gue gatau gimana hahah karena bukan tipe yang perasa dan bisa review atau compare. Yang pasti pas mulai FC tuh pas banget gue sakit greges, flu, batuk sampai sekarang ga sembuh2. Hikss! Ini semacam godaan, apakah gue ga sembuh2 karena FC!? Tapi tidakk.. Gue ga boleh tergoda. Lagian enakan ada rulesnya kalo makan, jadinya gak asal masuk.
Terus, gue nimbang berat gue.. Turun dua kilo!!! Entah karena gue yang emang sakit, karena FC atau karena udah gak ngemil lagi. Heuheu. 

Apakah boleh cheating?
Tentu boleh! At least weekend lah, apalagi kalo makan keluar yang ga memungkinkan ada salad atau apa. Tapi kalau ada salad biasanya gue pesen salad sama dagingnya aja. Ya pokoknya gue ga strict amat. Tapi sebisa mungkin gue on the track ya gue lakuin, pengen tau aja gimana hasilnya atau rasanya gitu kalo di awal kita taat, kan ntar ujungnya juga keliatan insyaalloh.

Contoh menu pagi-siang- malam. Note: kalau laper di sore hari boleh makan snack such as pisang atau npbikin apa gitu. Tapi gue jarang bikin snack hehe males.


Contoh menu ala makan diluar saat weekend *ini saladnya sepiring tadinya! Dan ayamnya cuma satu*

Oke deh nampaknya segitu dulu postingan sederhana ala kara. Next time disambung lagi!

Tuesday, September 16, 2014

Titik balik gaya hidup sehat

Assalamualaikum,

Haiiiiiii im back! From nowhere..... Bisa dibilang banyak momen yang terlewat yang gak tertulis dalam blog ini. Tapi seberusaha mungkin mencatat setiap momen berharga tsb di instagram, supaya gak lewat begitu saja. Jadi ya maklum kalo caption IG gue suka panjang bak cerpen, karena tetep aja judulnya gue kangen nulis panjang mencurahkan segala thoughts yang ada di kepala gue atau sekedar mendesjripsikan moment yang ter capture tsb ke dalam tulisan, yang sayangnya kemarin-kemarin motivasi ngeblog gue sempet hilang.

Terakhir ngeblog bulan april, berarti kurang lebih 5 bulan gak ngeblog. Dan alhamdulillah, ada lah beberapa yang menanyakan kapan gue ngeblog lagi disela-sela komen IG. Haha sebenernya agak gimana gitu kalo ditanyain pertanyaan kaya gitu, karena kesannya gue ngeblog kaya majalah, harus terbit sekian waktu. Haha ga deng... Soalnya alasan ngeblog karena gak pengen ada momen yang terlewatkan begitu saja, jadi bukan untuk yang dibaca semua orang atau gimana. Oiyaaa btw, kayanya sempet deh males ngeblog tuh karenaaaaa.... Karenaaaaa.... Mertua dan orang tua juga suka ikutan baca blog akyu. Ahhh kan jadi malas, mana isinya kan kadang curhatan semua. Hahahahak. Tapi ya gpp deh sekarang i'm back.

Btw, sekarang lagi merasa gendut bangettt! Gak pernah ngerasa kaya gini sebelumnya.
Sebelumnya happy-happy aja dan bodo amat dengan berat badan yang gak balik modal sejak melahirkan. Dalam pikiran gue, helloooo di sini gue makannya masak sendiri, jadi kalo ada makanan apa aja ya disyukuri ajalah dengan di makan. Gak kepikiran makan sehat, diet dll. Yang kepikiran cuma kenyang dan bahagia, lagian gue juga bukan tipe yang rakus. Dan as a breastfeeding mom, kayanya gue terbilang makannya gak banyak.    

Nah terus, tipping point nya adalah... Pas minggu lalu habis ketemuan sama temen baru, kenal di IG, namanya Aya. Kan kita foto-fotoan tuh, nah gue udah inget kok kalo gue harus tahan perut saat foto. Tapiiiii pas si Aya kirim email yang isinya foto-foto kemarin. Gue merasa apa yaaaaa... Kok gue gede banget, jelek, perut nyembul. FYI, gue udah mulai gak pake celana lagi semenjak beberapa bulan lalu, jadi banyakan pake dress dan cardigan. Dan sedihnya kalo pake dress itu perut gue nyembul dengan seenaknya, sedangkan kalo pake celana kan at least itu perut ketutup dengan potongan celana atau ketahan dikitlah. Dan emang perut gue tuh ajaib, gendutnya dari atas, jadi bukan cuma kaya gendut lemak glambir glambir di bagian bawah. Maka tak herah banyak orang-orang yang mengira gue hamil lagi, ya karena gendutnya persis orang hamil yang gedenya dari bawah dada. Hiks.
Nah gede banget kannn!!!

Balik lagi, akhirnya gue merasa gak bisa nih gue gini terus. Gue harus olahraga dan jaga makanan. Walaupun keinginan untuk rutin olahraga udah ada dari lama, tapi niatnya supaya fit aja. Nah kalo gue olahraga tapi gak dibarengi dengan pola makan yang benar kan sama ajah!

Oiya, kayaknya gue juga ketulah nih. Kadang kalo liat foto orang-orang yang semenjak jadi Ibu semakin melar, gue suka mikir "Kok makin gendut ya, sayang banget.. Apa nggak ada keinginan untuk ngurusin badan ya supaya lebih enak diliat". Yailah! Tuh omongan kayanya mental deh balik ke gue lagi! Setelah gue lihat foto-foto terakhir gue pun kelihatan dari pipi berisi banget, dibanding gue yang dulu masih awal-awal nikah, masih jadi anak kos. Nyadar sihh kalo gendutan, tapi gak pernah serisih ini. Pengen gitu di foto ootd agak keliatan langsingan, bagus. Haha.

Maka gue googling dari diet mayo, herbalife dan Food Combining. Sayangnya diet mayo gak bagus buat busui. Jadi yaudah deh mutusin untuk gak diet, lebih ke pola makan yang benar aja. Gak hanya itu,gue pun pengen benerin pola tidur gue yang selalu tidur diatas jam 12. Yang mana bikin gue gak bisa bangun pagi,masa tidur bisa 12 jam! Udah kaya bayi!
Beda banget kan sama yang ini *yaiyalah kar*

So gue memutuskan sebisa mungkin untuk tidur cepet, dan gak tidur lagi abis subuh. Dan masak untuk bekal suami ngantor, sarapan, ajak anak jalan-jalan keluar menghirup udara pagi sambil jalan pagi.... Yang mana itu semua baru gue lakukan tadi malam dan pagi tadi. Hahah semogq istiqomah yee.. Mencoba untuk masak Food combining juga buat suami, biarin deh dia ga setuju sama FC tapi gue paksa ajah. Kalo nggak, gue merasa sendirian dan gak jalan-jalan niat hidup sehatnya. Soalnya suami penganut gaya hidup ala anak gym. Yang mana sarapan itu harus makan berat, maksudnya kaya roti, sereal dll, which is bertolak belakang banget sama FC.

Yauda deh, next post insyaallah mau jabarin dengan sistematis niat gaya hidup sehat ala kara. Hehe. Sekarang waktunya masak, selagi anak lagi tidur siang.
Ya beginilah ya IRT, mau ngeblog aja nyuri-nyuri waktu hehehhehe...


Wassalamualaikum,

Monday, April 21, 2014

Video Kelahiran Keevara

Walaupun belom bisa atau udah males nulis cerita soal proses melahirkan Keevara, at least bersyukur.. Alhamdulillah Popoy sebagai videographer sejati telah mengabadikan momen melahirkan tersebut dalam video dan mengeditnya.

Seriously gue masih ngilu kalo liat video tersebut. Ambience nya masih inget banget, malam dini hari di Sunshine Hospital, dan berduaan doang... karena mertua masih otw di pesawat menuju Melbourne. 
Hiii...

Yaudah, selamat menyaksikan yaa detik-detik Kara menjadi seorang Ibu :p

 
Related Posts with Thumbnails