Saturday, November 1, 2014

#Foodcombining Newbie

Assalamualaikum,
Curi-curi waktu lagi buat ngeblog.

Jadiiiii denger soal Food Combining udah lama sebenernya. Mulai aware dan ngikutin teori, pakem, dan juklaknya sih by twitter karena waktu itu emang lagi pada happening kan tuh follow twitnya @erikarlebang , selain @mrshananto. Yah pokoknya yang hitz di dunia kicau gue follow deh, tapi belom tentu gue praktekin. Cuma sekedar follow dan baca-baca aja haha.

Nah terus, tiba saatnya Keevara menginjak 6 bulan yang artinya mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Maka gue banyak-banyak baca dan browsing soal metode makan buat anak gue yang mau gue aplikasikan ke dia. Akhirnya memutuskan BLW, nah blw pun ga punya pakem harus kasih makan apa duluan, atau pagi apa siang apa. Maka gue tambah bingung. Akhirnya gue memutuskan untuk setengah FC buat anak gue. Yaitu sarapannya sarapan buah. Kalo siang dan malamnya ya karbo, sayur, protein, bebas. Lah kalo anaknya udah sarapan buah, kenapa nggak ibunya sekalian sarapan buah? Jawabnya simpel aja. Kalo ibunya ikutan sarapan buah, nanti buahnya cepet abis dan harus belanja lagi, dan cepet keluar duitnya lagi? Haha. Alasan yang sangat fundamental.

Nyambung sama blogpost gue sebelumnya, yang mana gue ngerasa gendut2nya. Akhirnya memutuskan untuk jalanin FC dengan benar. Karena gue belom pernah nyobain dengan benar.
Akhirnya mulai google lebih dalam soal FC ini, yang tadinya niatnya cuma buat langsing enak diliat. Maka gue berubah niat, yang penting gue sehat. Makan makanan bergizi. Gue pun youtubean artis2 yang ikut FC, youtubean erikar lebang, gue baca blog review tentang FC, google contoh menu FC apa aja. Alhamdulillah makin semangat buat ngejalaninnya.



Apa itu FC? Silakan googling. Haha.
Yang gue catat dan tanamkan hanyalah yang garis besarnya. Alasannya dan kenapanya gak gue pikirin, karena sangat biologi banget yang mana gue ga paham. Lagipula gue tipe yang kalo dibilangin yang bener ya manut aja haha.

Food Combining menganut pola makan sesuai jadwal pencernaan kita.
04.00 - 12.00 : tubuh kita sedang memasuki tahap pembuangan, maka sarapan yang pas adalah sarapan buah. Karena buah gampang dicerna, kalau kita sarapan yang berat-berat malah memberatkan pencernaan kita yang berefek ngantuk. Jadi selama itu terus sarapan buah jika laper terus.
12.00 - 20.00 : tubuh kita lagi mencerna segala yang masuk ke perut. Maka boleh makan apa aja asal sesuai juklak (sayur dengan karbo atau protein hewani dengan sayur mayur).
20.00 - 04.00 : tubuh kita sedang masuk fase penyerapan apa yang telah kita makan.  Maka di jam ini kita tidur dan tidak mengonsumsi makanan apapun.

Menurut FC, pencernaan kita gak bisa mencerna semua jenis makanan sekaligus. Maka harus dimakan pisah-pisah. Dan ingat, konsumsi buah pada saat perut kosong, bukan sehabis makan berat untuk pencuci mulut!

Pati (karbo) tidak boleh di makan berbarengan dengan protein hewani (daging merah, daging ayam, ikan)
Pati boleh dikonsumsi dengan sayuran (karbo + sayur)
Protein hewani boleh dikonsumsi dengan sayuran. (Daging2an + sayur)
Adapun makanan yang setau gue boleh dimakan bareng semuanya (karbo , sayur, protein hewani) adalah tempe, tahu, telor, jamur, seafood?

Jadi simpelnya gini deh, tiap bangun pagi gue
Minum segelas air putih hangat + perasan lemon atau jeruk nipis
Lanjut minum air putih biasa
Lanjut sarapan buah (apel, jeruk, melon, pepaya, pisang, dll)
Siang jam 12.
Makan nasi merah (brown rice) + sayur-sayuran (tumis sayuran, atau sop)
Malam jam18.00
Makan sayur mayur (atau salad mix yang tinggal beli dicampur salad dressing) dengan protein hewani (ikan, ayam, daging).
Menu makan siang dan malam boleh dituker.

Awalnya emang bingung banget dehh, seakan gue mau masak aja udah ribet mau masak apa, lah ini ditambah harus ngikutin juklaknya!
Akhirnya ya yang paling simple, sayuran dibikin tumisan atau sop. Dagingnya dipisahin sendiri, kadang panggang, goreng, dll.

Hambatan melaksanakan FC ini adalah suami gue sendiri! Haha. Dari dulu gue ga jalan2 FC nya tuh kayanya karena disanggah mulu sama suami yg notabene nya anak gym. Penganut sarapan berat, dan dia emang selalu. skeptis sama hal baru, apalagi taunya dari istrinya! Hidih makin diabaikan deh, tp begitu gue bertekad. Gue maju terus, bodo amat dia mau terima apa gak yang gue masakin dan bekelin. Kalo ga suka silakan masak sendiri huehue. Simpel. 
Oiya dan hal yang gue bikin makin yakin juga karena ibunya sendiri menganut FC haha at least gue merasa ada support dan validasi *halah opo tho* yang artinya, suami gue gak bisa menskeptiskan gue begitu saja. Dan sebenernya, setelah gue ingat2 kayanya dulu buku Food Combining by Andang *siapa gitu* yang covernya foto ibu2 ditemani buah2an, selalu seliweran di rumah gue waktu nyokap masih ada. Gue pun tak tahu dia FC 100% apa enggak, sebelum atau sesudah penyakit kankernya.
Jadi intinya sampai sekarang gue belum baca satupun buku tentang FC, pengen banget tapi belom ada yang bisa dititipin bukunya dari indo.

Lalu, apa yang gue rasakan setelah menjalani FC dua minggu? Hmmmmmmmm sejujurnya pun gue gatau gimana hahah karena bukan tipe yang perasa dan bisa review atau compare. Yang pasti pas mulai FC tuh pas banget gue sakit greges, flu, batuk sampai sekarang ga sembuh2. Hikss! Ini semacam godaan, apakah gue ga sembuh2 karena FC!? Tapi tidakk.. Gue ga boleh tergoda. Lagian enakan ada rulesnya kalo makan, jadinya gak asal masuk.
Terus, gue nimbang berat gue.. Turun dua kilo!!! Entah karena gue yang emang sakit, karena FC atau karena udah gak ngemil lagi. Heuheu. 

Apakah boleh cheating?
Tentu boleh! At least weekend lah, apalagi kalo makan keluar yang ga memungkinkan ada salad atau apa. Tapi kalau ada salad biasanya gue pesen salad sama dagingnya aja. Ya pokoknya gue ga strict amat. Tapi sebisa mungkin gue on the track ya gue lakuin, pengen tau aja gimana hasilnya atau rasanya gitu kalo di awal kita taat, kan ntar ujungnya juga keliatan insyaalloh.

Contoh menu pagi-siang- malam. Note: kalau laper di sore hari boleh makan snack such as pisang atau npbikin apa gitu. Tapi gue jarang bikin snack hehe males.


Contoh menu ala makan diluar saat weekend *ini saladnya sepiring tadinya! Dan ayamnya cuma satu*

Oke deh nampaknya segitu dulu postingan sederhana ala kara. Next time disambung lagi!

12 comments:

  1. Semangat karaa ;)
    Aku juga fc nih udah hampir 2 tahun , bareng suami juga , alhamdulillah jadi lebih sehat , ketahanan tubuh jauh lebih baik , bonusnya badan jadi jauh lebih proporsional dr sebelumnya .... kata mas erikar lebang jadi lebih enak dilihat bagi yang sudah berhasil diaiplin fc xixixixi....
    Aslb ya kara....ajzkh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren! :) ajzkh jugaa supportnya haha

      Delete
  2. Kalau untuk gemukin badan bisa gak yaaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAntu jawab ya.. Bisa mba, katanya badan yg sehat akan mencari berat badan idealnya sendiri..
      Cuma tujuannya biar sehat aja mba menjalankan FC nya, BB ideal bonus nya ;)

      Delete
  3. thanks for sharing ya kara. aku sempet fc sebulan trs mrotol semangatnya. moga2 bisa rutin fc lg. ini aja komen sambil sarapan pisang instead of roti+nutella, hihihi.

    ReplyDelete
  4. whoaaa semangat kak kara! aku sempet ngejalanin ritual "honey lemon shot" tiap pagi dan agak segeran tapi apa daya masih mudah goyah imannya karena banyak halang rintang *maap curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tapi kalo dalam FC bukan honey plus lemon lho. Cuma lemon / jeruk nipis plus air hangat aja, ga pake madu hehehe...

      Delete
  5. Semangatt mba maju terus, tantangan FC selain dari dalem banyak dari luar, komen2 yang ga enak, bisa mematahkan semangat klo didenger.Mari kita abaikkan hehehe... Setelah kliatan hasilnya orang sekitar justru banyak yg ngikut hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh iya nihh alhamdulillah udah keliatsn hasilnya.... Hhehehe

      Delete
  6. Kak Kara, gak nyangka secara gak langsung aku penganut FC ini makanya badan gini-gini aja. Aku juga kalo sarapan gak makan berat, kalo makan siang sayur tumis2an sama daging plus nasinya dikiit. Lanjut makan malam dengan hampir menu yang sama udah gtu aku emang gak pernah nyemil malem. Lebih males tepatnya. Coba barengin olahraga ngajak jalan-jalan Keev kak, itu juga bantu

    ReplyDelete
  7. kara, always inspiring.... :)
    jadi semakin semangat untuk gak sarapan berat, cuman makan buah.... sering tidak istiqomah-nya sih...
    insyaallah bisa yak... semangat!

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails