Saturday, November 22, 2014

Mencari Jalannya Syukur

Assalamualaikum

Dalam hidup kita kadang merasa ada yang kurang terus dalam hidup ini. Seringkali berpikir, coba kalau gue punya barang anu maka gue kayanya udah cukup deh nggak akan beli-beli barang lain. Atau ngebatin, coba kalau gue hidupnya kaya gitu insyaallah gue kayanya lebih rajin ibadah deh atau lebih lebih lebih lainnya. Padahal ya belom tentu. Bisa aja kalau kita sama Allah dikasih kaya gitu, kita akan terlena yang mana akan bikin kita lalai dalam ibadah.
Karena tujuan dari hidup kita di dunia ini masuk surga kan? Untuk bisa masuk surga ya harus beribadah. Maka apapun yang kita lakukan di dunia ini nggak lebih dan nggak kurang tujuannya harusnya untuk beribadah.

Balik lagi, kita merasa kurang ini itu, padahal kalo kita jeli dalam mencari jalannya syukur maka gak akan ada yang kita rasa kurang dalam hidup ini. Ternyata dalam kekurangan kita (akan benda atau apapun) itu, bisa saja ibadah kita dijaga sama Allah. Dikasih segitu supaya bisa tetap lancar ibadahnya. Bingung ngga?


Jadi pemikiran gue ini muncul saat gue jalan kaki ke mesjid sambil dorong Keevara di stroller. Ceritanya gue piket amal sholih untuk masak tamu, makan siang. Well yang ada di pikiran gue saat liat jadwal itu "yah siang, ga ada mobil dipake popoy kerja, kayanya jalan kaki aja nih daripada minta ibu2 lain untuk bantu jemput". Karena kalaupun kita minta tolong dijemput pun kita harus ikut ke mesjidnya untuk menata makanan tsb. Bukan cuma minta tolong diambilin aja makanannya terus kita di rumah aja. 

Oleh karena itu, daripada naik mobil orang lain toh gue sama aja ribetnya ngangkut Keevara,ngangkut carseat, gue memilih untuk jalan kaki aja sama Keevara. Toh cuaca lagi enak waktu siang itu, nggak dingin, nggak panas banget.

Pas jalan kaki gue banyak banget berpikir, mikir ini gue kasian ngga sih jalan kaki gini? Harusnya ada mobil? Atau sepeda yang enakeun? Gue yakin cuma beberapa ibu2 yang memilih jalan kaki ke mesjid, karena yang lain masing2 ada mobil (satu keluarga ada dua mobil) atau mereka memilih untuk di pick up sama ibu2 lain. Kalo ada yang liat gue gini, gue kesian banget ga sih? Pada mikir 'ih kara kenapa ga minta tolong yang lagi longgar aja untuk jemput' gitu ngga? 
Hmmm... Kalau untuk punya mobil satu lagi kayanya belom saatnya deh untuk keluarga kami. Mungkin ada mobil yang murah tapi kan maintenance nya juga pakai duit. Pokoknya mah punya mobil lagi nggak dalam list. Tapi gue masih penasaran pengen punya sepeda impian, yang modelnya vintage dan gue udah pernah cobain itu enak banget! Sepeda yang gue punya saat ini tuh berat banget, bukan tipe sepeda yang cocok di jalanan trotoar. Karena berat, gue lebih milih jalan kakilah daripada naik sepeda. Tapi suami ngeliatnya udah dibeliin kok nggak dipake. Hiks. Disuruh jual juga ya gue bingung jual berapa, orang gaenak gtu huhu.

Begitu sampai mesjid, ada cak (panggilan kepada bapak2 jamaah mesjid sini) xxx hahah sok gue rahasiain. 
"Lhoo.. Darimana?"
"Dari rumah?"
"Dari rumah jalan kaki?? Ck ck ck... Masak tamu tha?"
"Iya"
"Emangnya mobilnya masih rusak?"
"Nggak, lah kan dipake suami kerja"
"Hoooo... Tamunya barusan keluar tuh"

Yahhh.. Kurang cepet gue, tamunya udah pergi aja. Ah bodo ah yang penting kan pahalanya udah dapet insyaallah. Lalu gue masuk mesjid nata makanan.

Tuh kan bener, orang lain memberi kesan kasian kan gue jalan kaki dari rumah (yang mana menghabiskan sekitar 20 menit, cuma sekitar 1km jarak rumah-mesjid). Tapi gue nggak berpikir gue kasian banget sih, sebenernya gue suka jalan kaki dari rumah sekalian olahraga, sekalian keevara lihat2 pemandangan luar, ya intinya gue seneng karena badan gue bergerak. Cuma jadi ngerasa kurang gesit kalau untuk urusan kaya masak tamu gini, gak bisa cepet kaya naik mobil. Dan gue pun sebenernya males kalo diliat orang kesannya gue kesian banget sampe jalan kaki. Padahal itu pilihan gue sendiri. Lingkungan enak, trotoar enak, Alhamdulillah lah gue harus banyak bersyukur hidup disini. Gitu pikir gue.

Well then, ternyata dari ketidakpunyaan kita terhadap sesuatu kita justru harus banyak bersyukur.
Gak ada mobil, gue jadi berkesempatan untuk olahraga dibanding yang punya mobil.
Dengan jalan kaki gue jadi lebih menikmati lingkungan sini dan jadi bersyukur hidup di sini.
Di rumah gue gak ada TV (karena suami ngga mau punya) padahal gue minta-minta dengan alasan supaya belajar bahasa inggris. Tapi syukurnya ngga punya, mungkin jadi lebih fokus mengerjakan pekerjaan rumah tangga gue. Keevara juga mungkin jadi lebih banyak main mainannya ketimbang menonton yang bikin jadi fokus pasif.

Nggak ada apa lagi ya? Nah kan jadi nyari-nyari kekurangan untuk mencari jalannya syukur haha. Yang dipunyain juga banyak dan itu juga kadang susah untuk bersyukurnya karena tetap masih merasa kurang. Intinya Alhamdulillah punya misalnya barang-barang elektronik yang memudahkan kita untuk beribadah, juga bersyukur gak punya barang2 elektronik karena jadi tetap fokus ibadah :)

Di samping itu, bersyukur punya keluarga yang hebat, sholeh sholehah, punya suami hebat, punya anak sehat lucu sholehah. Huhu. Ngerasa kurang bersyukur, padahal kalau tertib beribadah kan juga sebagai bentuk rasa syukur kita bukan cuma soal pengen dapet pahala dan masuk syurga.

Oiya jadi inget nih thought gue lainnya...
I didnt really impressed of what beautiful actress, Dian Sastro, answered when Alvin (on Just alvin) ask her apa yang belom tercapai atau apa cita-citanya, Dian jawab pengen lanjut sekolah S3, pengen ini itu sesuatu yang senangkepnya gue itu bersifat keduniaan.

Tapi i really impressed and felt touchy when Dewi Sandra, a famous beautiful hijabi, answered the same question in the same tv show, like this 
"Cita-cita saya? Saya ingin masuk syurga"
 Nyessssss!!!!
:')

Sekian.
Wassalamualaikum

6 comments:

  1. iyah yah kadang gw juga ngerasa kurang bersyukur....

    yang ada dalam daftar list sekarang, adalah pengen punya rumah sendiri di tahun 2015.

    sayang uangnya buat bayar kontrakan rumah yang terbilang cukup mahal kalo untuk ukuran setahun dan ukuran pendapatan aku dan suami :(

    tapi niat pertama, emang pengen pisah dari keluarga dan hidup mandiri.

    nice share, mksh yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah apapun yang sedang terjadi harus disyukuri ya. Sama bgt, skrg aku hidup sendiri sekeluarga di satu rumah yg sewanya cukup mahal (tadinya sharing sm housemate) tp yaudalah disyukuri aja semoga ada trs rejekinya,toh byk yg pgn hidup sendiri tp blm kesampaian :)

      Delete
  2. Asiikk. Kara ud mulai rajin ngeblog. Namanya manusia emg banyak maunya ya. Hrs pinter2 bersyukur dan gak selalu liat ke atas. Malah hrs sering2 liat ke bawah. Kangennn kara keevaraaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih apikahhhh kangen jugaaa... Semoga apikah segera bikin blogpost berbayar ya hahaha aamin

      Delete
  3. Hah 1 keluarga, mobile 2? Tp resiko (skaligus enaknya) tinggal di Melbourne, emg gt kali ya? Klo di Sydney, pusing cyn cari tpt parkirnya :lol: dan mobil 1 aja blm tentu kebeli krn duite kepake buat sewa tpt tinggal yg lmyn jauh selisihnya dari Melb.

    anyway.
    really nice post, kara. thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ibu2 daerah saya tinggal lho ya, soalnya public transportnya kurang. Mesjid ngga dekat dgn halte bus, ngga ada station kereta, adanya di suburb seberang. Makanya ibu2 yang anaknya udah sekolah umumnya juga nyetir mobil sendiri karena mobil satunya dipakai suaminya kerja hehe. Iya di sydney mah beda ya lebih mahal... Tp public transportnya enak dimana2.
      Sama2 ya makasih juga :)

      Delete

Related Posts with Thumbnails