Tuesday, February 2, 2016

Ibu Rumah Tangga dan Stress


Akhirnya tangisku pun pecah semalam.

Pekerjaan rumah setelah family day(weekend) yang tiada habisnya (biasanya tiap abis weekend pekerjaan rumah menumpuk), adek bayi nangis terus karena seharian nggak tidur, disusuin bukannya tidur malah melek terus, dilepas nangis-nangis padahal kelihatan udah capek dan ngantuk banget.

Gue menyerah, gue tinggal aja si bayi sendirian nangis-nangis sementara suami sibuk makan dan melayani si kakak. 
Emosi, marah, capek, lelah, letih, pegel semua deh campur aduk! Ngerasa gak ada yang merhatiin gue juga.
Pindah aja ke kamar sebelah, kamar kosong. Mau marah gatau mau marah gimana dan sama siapa. 
Langsung nangis... Jejerungan di bawah bantal. Ya Allah enak banget, lega, gatau kapan terakhir nangis.

Tambah jejerungan pas inget betapa enaknya kalo lagi di indo, bisa main, bisa ngabur ke salon, di pijit. Ahh enaknya.. Rasanya pengen pulang ke indo sekarang-sekarang ini! Nggak sanggup kalau harus nunggu mudik waktu lebaran nanti.
Tapi... Semakin jejerungan lagi pas baru inget... Paspor gue belom di perpanjang, paspor adek bayi pun belum dibuat.
CRYYYYYYYY... Tambah nangis. 
Males ngurusnya.....

Kenapa ya ibu rumah tangga rentan sekali dengan stress atau depresi. Gue pun googling ternyata emang banyak artikelnya. Gue juga nggak tahu kenapa gue udah tantrum/ stres lagi aja. Perasaan baru kemaren2 ngalamin. Padahal kemaren banget baru family day-an ketawa ketiwi, piknik di garden sama suami dan anak.
Lah kok udah stres lagi aja!!!
Hufft. Apa ini timbunan yang tiba-tiba meledak ya??

Mungkinkah penyebabnya adalah gue udah setahun pas ini nggak pulang ke indo??? Soalnya biasanya belum setahun atau menuju setahun juga udah pulang indo. Sekarang ini... Rencananya pengen lebaran nanti, tapi tau deh! Suami angot-angotan.

Hafft... 
Gue tuh apa yaaa gak punya role model atau panutan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik tuh gimana, as my mom was a working mom. 
Jadi gue cuma bisa membayangkan enak banget ya berarti nyokap gue bisa kerja dulu, gak melulu ngadepin rumah, pekerjaan rumah tangga pun dikerjain sama ART. Gue malah berpikir, berarti kasian banget ya mbak gue dulu. Sibuk banget pasti dan capek.

Well inilah hidup gue sekarang, kata orang-orang sih riweuh ngurus anak nggak akan lama. Paling sampai 4 tahun.  Selebihnya anak sudah bisa mandiri.
Tapi jadi ibu tuh selalu ada babak baru dan selalu ada pembelajaran baru ya dan yang gue pelajarin pasti kita harus jadi ibu/istri mandiri dan SERBA BISA ujung-ujungnya. Misalnya seperti antar dan urus anak sekolah, dll. Gue belom siap jadi ibu dan istri yang mandiri. Dalam artian kemana-mana ya sama anak aja tanpa suami dan berhadapan dengan orang asing demi kebutuhan keluarga.
Hiii gue tuh paling susah banget dan enggan berkomunikasi dengan orang asing nah ini apalagi di luar negeri yang mana bahasa dan suku rasnya berbeda! Ohemji! Tantangan yang besar sekali!

Balik lagi ke topik IRT rentan stress, jadi dari sekian artikel yang gue baca. Kebanyakan memberikan tips menghalau stress yaitu:

- Mendengarkan musik (which is gue jarang banget! Gak paham musik)
- Berolahraga (jarang juga!)
- Jalan- jalan keluar rumah menghirup udara segar dan bertemu dengan matahari (jarang juga!)
- Bernafas dengan secara sadar
- Bergaul (Yah ini mah susah banget bergaul diluar pengajian, semua sama-sama sibuk)
- Perawatan tubuh (yah ini mah sulit, pengennya sih ke salon huhu).

Nah selain itu gue juga mulai menyadari, kayaknya harus ada yanb gue ubah dalam hidup gue. Mungkin ibadah gue kurang tertib, mungkin jam tidurnya perlu di ubah.
Pengennya sih rasanya kabur sejenak ya dari rumah tapi mana mungkin, itu kerjaan yang ada malah numpuk. Kalo nggak dikerjain ya nggak akan beres malh tambah banyak!

Jadi mulai pagi ini, gue bangun subuh (selama ini kelewat terus!!) sholat, habis sholat ga langsung tidur walau mata redup dan masih sembab. Karena gue tau cucian piring numpuk banget,
Gue cucilah. Ternyata mengerjakan household chores saat anak-anak masih tertidur itu enak banget, gak keburu-buru, santai. Beresin dapur, beresin meja makan, bikin nasi.

Selesai cuci piring gue mulai menyuci baju-baju kotor. Habis itu gue rebahan, karena merasa pegel banget badan apaalgi punggung. Duh kalo di pijet enak banget kali ya ini. Sayang aja gak ada yang berinisiatif mijitin gue. Huft.

So far, enak juga ya bangun pagi (kemana aja) pekerjaan jadi sedikit demi sedikit, pelan pelan rampung. Kalau ngerjain semuanya saat anak udah bangun tuh kayak diburu-buru waktu, gerubak gerubuk kesana kemari. Capek sendiri.

Yah mungkin itu kali ya, karena ibadah gue kurang tertib, jadi mudah dipengaruhi iblis. Kalo semuanya udah on the track kayaknya lebih enak ngejalaninnya. No stress!

Shoo shoo go away.. Bismillah yaa...

Anyway, makasih buat temen-temen yang udah care sama gue atas updetan snapchat gue. Gue udah ga paham lagi mau curcol kemana lgi karena udah terlalu sering, ke grup temen, ke path, semua udah! Kayaknya gue terkenal dengan emak-emak gampang sutris deh sampai temen2 aja pada ngedoain pas ultah kemaren supaya jadi ibu yang selalu happy wkwkwk. Aamin anyway.

Jadi nangis ajalah sama snapchat, nyampah. Tak dinyana, pada nanyain pada semangatin. Di snapchat, line, whatsapp. Bahkan ada yang ngirim private video snapchat ... Ahh terharu. 

Bismillahh... Happy Momoy, Happy KKids!

10 comments:

  1. *kirim virtual hug dari Jakarta* I really hope you can feel better soon, mbak Kara :)

    ReplyDelete
  2. Semangat Mba Kara (งˆヮˆ)ง semoga diberi kekuatan sama Allah dan semoga istiqomah :)

    ReplyDelete
  3. semangat terus mba Karaaaa, tetap sabar dan kuat yaaa :*

    ReplyDelete
  4. Semangat terus ya Kara... In syaa Allah dapet pahala bejibun juga dari Allah. Aamiin...

    ReplyDelete
  5. semangat Kara :)

    Jadi inspired, mungkin kita banyak gak bersyukurnya gara2 bisikan iblis ya T_T

    ReplyDelete
  6. #ifeelyou. Been there done that, the ugliest moment of motherhood huhuhuuw. Andai ada salon/tempat pijit muslimah yang ga lebih dari 40 euro kayanya hidup lebih mudah hehee ;p biasanya gara-gara lack of adult conversation sama suami atau orang dewasa lainnya (mesti tatap muka, kalo ngobrol sama temen via hp mah kurang ngefek). You will survive!

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails