Friday, August 3, 2012

S.Ikom (Sarjana Ih Kok reMpong)

Assalamualaikum semuaaaa,

Kembali lagi bersama saya Kara yang akan melanjutkan cerita prosesnya menggapai titel sarjana. Heheheheh semoga belom basi-basi amat, soalnya gue sekarang sudah memasuki fase baru dalam kehidupan rumah tangga yaitu sebagai istri yang harus bisa masak karena kita sudah serumah for good insyaallah di kota pilihan suami yaitu Melbourne, Australia.
Me with Dinda 
Jadiii ceritanya sampai mana ya waktu itu, cerita sehabis setelah sidang kompre tanggal 13 Juli. Malamnya tidur sangat-sangat nyenyak. Memasuki hari Sabtu juga masih menikmati gegoleran di kasur kosan hahaha, bener-bener me time. Harusnya udah nyentuh folder skripsi di laptop untuk di revisi sebelum di print dan untuk sidang skripsi selasa, 17 Juli, tapiiii terlalu malassss.... haha.. sampai hari Minggu pun begitu lohhh harusnya sudah revisi dan mulai ngeprint. Karena hari seninnya bakal hectic bangett untuk ke kampus dan nyerahin skripsi ke dosen-dosen.
Tapi apa daya namanya juga kara deh, bukan kara kalo bukan deadliner, ngaret dsb.

Jadi baru Senin dini hari revisi skripsi seadanya, ala kadarnya. Mikirnya, yaudalah gue kan udah begadangan waktu itu kenapa juga mesti begadangan lagi. Toh juga nanti akan di suruh revisi lagi kan hahaha. Sedangkan dua teman seperjuanganku lainnya, Bais dan Dinda revisi begadangan sampai ga tidur sampai keesokan harinya! Yaampun! segitunyaa hiksss...

Jadilah hari Senin 16 Juli pagi gue meluncur ke Dipatiukur unutk ngeprint skripsi gue, salahnya, gue milih tempat ngeprint yang rameee banyak oraaang. Alhasil print-an gue ke pending2 mulu gara2 ga disentuh sama mas-masnya. Huhuhu. Akhirnya setelah nunggu sekian lama di tempat tsb jadi juga tuh ada 5 eksemplar skripsi gue! aduhh mules gilak ngeliatnyaa.. Ngebayangin, idihh apaan aja tuh yang ada di dalemnyaaa hihhh.. Bakal diapain tuh ya gua pas sidang. Zzzz... Bais ngeprint di Dago Pojok, Dinda ngeprint di tempat lain di DU. Di tengah-tengah ngeprint kita sempet2nya bikin conference chat di bb -___-
Ada hal mules lainnya yang harus kita hadapi, yaitu.... Siapakah dosen penguji kita masing-masing??? Hihh bergidikk bokk.

Makanya setelah ngeprint, gue dan Dinda langsung meluncur ke Dago Pojok tapi berhubung laper benjet jadi ga langsung ke kampus tapi melipir dulu ke warung makan samping kampus. Makan deh kita. Gak lama si Bais dateng dengan muka kebelet ee-nya, oh no! dia bukan kebelet ee', ternyata dia udah ngambil surat undangan dosen penguji! Dan dosen penguji dia dua diantaranya konon katanya killer dan menyeramkan. Hihhh seram! Baru pertama kali ngeliat muka bais ketakutan tapi senep kaya pengen ee gituh! Gue jadi gelisah dehhh, nungguin dinda kelamaan makannya... santai2 nya kelamaan hahaha! Jadi gue bergerak sendiri ke kampus untuk ambil surat undangan. 

Bismillahirrohmanirrohim... deg-deg..
Kertas sudah dipegang... Pas gue bukaaa.. Alhamdulillah. gue tidak menemukan nama-nama dosen killer di surat gue. fiuhhhh... makin makin deh kan tuh gue nyantai. Rasa pengen cepet selesai itu datang kembali! Hahaha.. Gue balik ke Bais dan Dinda pun dengan senyum-senyum haduh maap banget gue ga bisa nahan sumringah gue :s

Sudah jam 2 siang! Kita belom bergerak ke dosen-dosen tersebut! Yang ada kita baru mulai sms-sms-in para dosen tersebut, kemana kita harus menemui mereka. Oiya Dinda juga Alhamdulillah dapet dosen yang aman-aman aja. Dan alhamdulillahnya lagiiiii, gue sama Dinda cuma beda satu dosen penguji! Aaaaaa senangnyaaa bisa selalu bareng! Ahahaha. Jadi kita kaya tukeran gitu, dosen pembimbing kita masing2 jadi dosen penguji kita satu sama lain. Duh kasian Bais makin mules tampangnya huhuh. Akhirnya kita berpisah, Bais bergerak ke nangor sendirian.
Gue dan Dinda akhirnya nekat ke Jatinangor dengan menggunakan travel di Balubur Town Square, untung aja Dinda bermotor di Bandung. Jadi bisa kesana kemari dengan cepet. Motor di taro di Baltos, da kita dapet yang jam setengah 4 sore travelnya! Huhh, kita udah pasrah deh bakalan harus ke rumah sang dosen satu-satu kalo kalo para dosen di Nangor udah pada pulang. Itu kayanya momen tersore deh gue ke nangor, tapi thank god masih ada temennya jadi ga sendiri-sendiri amat.

Begitu mau naik travel, si Dinda dengan anehnya ngeluarin pertanyaan "Kar kita mau ngapain sih?" dan gue cuma bisa menjawab dengan ketawa2 stres hahahahha! Asli dah itu semakin mendekati deadline yang ada kita malah ngobrol ga penting, ketawa2 ga jelas haha.
Di travel bukannya tidur yang ada malah gosipin para dosen, mikirin mau ngapain setelah nanti abis sidang. Dan segala macamnya! Hahaha..

Oiya, ditengah2 perjalanan gue mau ke nangor. My parents lagi otw mau ke Bandung lohhhh,, ihiwww senangnya disamperin ortu mau sidang! Hehehehe tapi ya mereka jangan nemenin pas gue lagi sidang lah! hahaha maluuu dan boring juga pastinya...

Sekitar setengah 5-an lah kita sampai di Nangor. Langsung aja dah ngojek, udah ga ada angkot2 kecil. Sampai kampus fikom itu rasanya kaya mules2 takut. Eh tapi untungnya banyak mahasiswa berseragam hitam putih yang artinya mereka abis sidang dan yang artinya masih banyak dosen bertebaran di ruang dosen! Aaaaa.... dan bener ajaaaa, semua dosen yang kita maksud alhamdulillah ada di ruang dosen itu! Huhuuhuhu Alhamdulillah! Bayangan-bayangan harus ke rumah para dosen hilang sudah!
Kelar juga tugas hari itu, berdua Dinda. Alhamdulillah! Tapi di sisi lain, Bais masih ngejar dosennya :(
Gue sama Dinda nongkrong di kantin fikom. Ngobrol ngalor ngidul, ngobrolin mau ngapain setelah lulus nanti. Hahhahaa sampah banget deh obrolannya.

Sudah jam 6 sore, waktunya kita pulang! Wah cari ojek pun susah lhooo... akhirnya kita bedua naik satu ojek. Alias boncengan ojek betiga sama babangnya  sampai travel nangor hahah!

Sampai Bandung lagi jam 7 malam. Dan kita udah ga kuat banget nahan laperrr, jadilah makan di hokben baltos itu. Yak itu kayanya hokben terenak dalam hidup kita haha. Bersyukur banget soalnyaaa kita dilancarin hari ituuu. While Bais masih nunggu di rumah Dosen pengujinya. Hiksss. Padahal kan besok harus pagi2.

Gak lama kemudian, emak babeh gue dateng nyusul ke hokben. Duh ga tega juga deh sama mereka, nyetir bedua gantian ke Bandung huhuh kirain sama adik yang biasa nyetirin, tapi si adik lagi puasa jadi kayanya males ikut. Disitu gue mulai mikir, duh ni momen-momen terakhir gue sama mereka sebelum gue pergi huhuhuhu. Dijamin mereka pasti bakal tetep repot ngurusin gue sampai gue bener-bener udah berangkat ke Melbourne.
Dinda pamit pulang duluan karena dia udah ngantuk banget. Jadi gue pulang naik mobil bertiga, mereka masih bingung mau nginep di hotel mana. Karena hotel yang biasanya mereka tempatin lagi penuh. Gue ngusulin untuk nginep di hotel di deket kosan gue ajah di Dago Pojok, biar kalo ada apa-apa deket dari kosan gue. Akhirnya gue di drop di kosan gue untuk beberes ini itu, while mereka ke hotel Jayakarta untuk check in sgala macem.
Huhuhu sebenernya males tidur di hotel, karena harus ngegotong barang2 lagipula itu malah terakhir guew bercumbu dengan kasur kosan. Aaaa tapi mau gimana lagi, malam itu kan juga malam terakhir gue tidur sama bokap nyokap. Akhirnya gue dijemput untuk ke hotel, gotong-gotong laptop dengan niat mau bikin power point.
Haduh males banget dah mau bikin power point, yang ada gue malah tidur-tiduran main bb. Eh tak disangka tak dinyana, si papa malah inisiatif bikinin gue power point sambil liat skripsi gue. Huahhh terharu sekaliiiii...huhuuhuhuhu padahal kan pasti beliau udah capeee nyetir Jkt-Bdg hiks. Tapi gue nya juga males dan cape hahaha...

Sudah jam setengah 1 malam eh pagi.. ya dini haari lah! Gue masiih belom bisa tidur. Hiks. Abisan namanya juga tempat baru yaa jadi butuh adaptasi. ya gitu deh tidurnya nyenyak ga nyenyak. Gue baru ngelengkapin power point gue setelah sholat subuh. Habis itu gue sarapan di hotel sendirian di bawah. Ceileh gaya banget ya hahaha. Gamau makan banyak, takut mules pengen boker hahah. Setelah itu, gue dianter bokap ke kosan untuk gue siap2 mandi dan segala macamnya.

Selasa, 17 Juli 08.00
Gue udah standby di kampus. Huihh pada cakep2 yak pake blazer hehehe. Seperti biasa pas ketemu Kang Harid (baca di post sebelumnya) dia bilang "Eh kamuh, belom foto yah.. yuk aku foto. Yang lainnya udah aku foto" dengan gaya ngondeknya sambil ngeluarin iphone nya. Haha. Gatau deh tuh itu foto close up satu-satu buat apaan. Pake diarahin pula gayanya ihihihih.
Gak lama kemudian sidang pembukaan pun di mulai. Kita di absen satu-satu, dan ketok palu sebagai tanda telah dibukanya sidang hari itu. Setelah ituuuuu, teteeeup nunggguuu dosennnn. Karena dosen-dosen katanya lagi ada acara di nangor.
Bayangin ajaaah dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang belom ada satu dosen pun yang datang! Jadi sistem sidang di Unpad tuh gitu, ya sidang tergantung dosen pengujinya siapa yang datang duluan. Jarang yang di sidang langsung oleh 3 dosen penguji sekaligus. Aneh yaaa, jatohnya kaya private gituhh.

Lagi nunggu gitu ehh tiba-tiba ada dua sosok yang gue kenal. Pertama gue liat yang cowo, gue mikir ni orang kayanya gue kenal. Siapa yaa??? Ehhhh Mulkyyyyy dannnn Fitriiii! Aaaaaaaa seperti biasaaa fitri udah hits banget dandanannyaaa ahahaha menonjol bgt tuh pasti di kampus gue :p Seneng banget didatengin merekaa. Iya mereka emang lagi di Bandung, tapi gue ga sempet ketemu mereka karena hectic ngurusin sidang. Ehhh taunyaa mereka malah datang ke kampus gueee. Aaaaaa tersanjunggg! HIhiihihi
Ngobrol-ngobrol  sekitar 20-30 menit akhirnya mereka cabut dehh dan tak lupa ada bingkisan dari KIVITZ YEAYYY! asyikkk di bawa ke melbourne deh ini mahh... makasih yaa fitri mulky hihihi ah si fitri udah sedih2an ajaaa gue mo pergi. Gue sebeeel kalo sedih2an hehehe... Dadah2annya di Bandung deh sama Fitri Mulky...

Ada cerita seruuu, ketika masih nunggu para dosen. Kita peserta sidang otomatis jadi tambah deket karena saling berbagi rasa hahaha. Salah satu contohnya adalahhh... ketika Kang Harid bawa post it warna warni dan skripsinya ditempeli banyak post it warna warni untuk memudahkan dia pas saat di sidang nanti. Ehh semuanya pada ikutan gegara minder kalo skripsinya keliatna mulus-mulus aja hahaha. Jadi semua pada minta post it sama dia, dan ada satu bentuk post it yang sangat dihindari para cowo. Yaitu post it berbentuk hati dan berwarna pink! Hahahha...
Karena post it love berwarna pink itu gak laku, kang Harid punya ide. Yaitu... nyuruh satu-satu peserta sidang untuk nulis perasaanya di kertas lope pink itu dengan catatan waktu saat itu. Tapi gak boleh sebutin nama. Jadi ada sekitar 12 kertas lope2 pink dengan berbagai macam curahan hati masing2 peserta haha.
Ada yang nulis "Kebelet Lulus", "Dosen cepatlah datang", "Hanya bala-bala heneut yang paling mengerti aku saat ini" Ahahaha kocak abis! itu artinya bakwan hangat. Dan itu semua kertas lope2 pink ditempel di papan pengumuman deket situ hahaha. Lumayan dah hiburan.

Mendekati jam makan siang, kang Harid berinisiatif untuk beli pizza hut bermodalkan patungan dari anak-anak. Wihhh canggih kann.. jadi sebelum para dosen itu datang. Udah tersaji tuh 3 tumpuk pizza versi large dan aqua 2 botol gede hahaha. Dan itu ternyata sangatlahhh membantu dikala ada peserta sidang yang abis keluar dari ruangan, muka stres abis dibantai, semua langsung pada nawarin makan pizzanya. Hahahah..

Sekitar jam 1 siang, satu persatu temanku sudah mulai berdatangan dosen pengujinya. Dan mereka satu persatu masuk dan keluar, gue lemesss dahh hahaha. Dan anehnya gue ga deg-degan. Gue cuma pasrah ajaa hahaha. Gue lupa sekitar jam berapa dosen gue pada dateng.
Gue disidang satu-satu. Pertama sama si dosen A, menurut gue ini sih dosen yang paling gue takutin di antara yang lainnya. Baik sih, dan seperti biasa gue banyakan diem hahahah. Intinya yang gue dapatkan dari dia adalahhh... skripsi gue ini ambigu. Tidak jelas arahnya mau kemana -____- disitulah gue ngedrop karena gue tau gue salahnya dimana. Dari judul aja gue udah ambigu skripsinyaahh. Hihh... Yaudalah ya satu dosen selesai. lalu lanjut ke dosen berikutnyaa, hal yang dibahas pun sama. so far  pada baik-baik dosennya. Dan hal yang gue pikirkan adalah, nantiiii pegimana gue revisinya??? pasti pe er banget deh kaya bimbingan lagi! Eh tai agak minder juga karena bisa aja gue gak lulus karena skripsi gue yang ambigu. Karena itu mendasar banget yang di persoalin sama para dosen.
Dosen ketiga alias dosen terakhir yang nyidang gue itu sekitar jam 4-an. Itu rasanya yaaaa udah lemesss, pengen cepet2 selse. Untungnya aja si dosennya cepet2 aja nyebutin kesalahan skripsi gue. Lalalalala.... bodo amat aaahhh. Gue sampe mikir apapun yang terjadi hari ini toh insyaallah besok gue tetep berangkat ke Melbourne ketemu suami, hahahhaha........

Menjelang Maghrib pun masih ada yang keluar masuk untuk sidang dengan dosen yang berbeda-beda. Gue termasuk cepet sih karena mulainya siang banget tapi selesainya sore. Gile yeehh kejadian hari Jumat kemarin terulang. Dari jam 8 pagi sampaaiii malam hari kita tetep stay di tempat yang samaa -____-

BBM mulai banyak berdatangan, menanyakan hasil sidang kami, namun gue belom bisa kasih jawaban haha orang yudisiumnya aja beluuum. Oiya kedatangan salah satu teman gue yang kaga-kaga ngerjain skripsinya, yaitu Sibil! hahaha padahal dulu kita usmas bareng.... setahun yang lalu! hahahaha gila lama abis ya gue lulusnyeee...
Sibil and Fina

Sekitar pukul 20.00 WIB, kita dikumpulkan diruangan jreng jreeeng.. Yudisium pun dimulaiii. Kali ini gue absen nomor kedua. Gantian, Dinda yang pertama hahaha teteuuuup kita absen di awal-awal. Jadi gak perlu nunggu lama hasilnya. Disitu perasaan gue campur aduk yehh, gue hopeless. Pasrah kalo emang kelulusan gue ditangguhkan atau gue harus sidang lagi ntarnya. Dinda malah mesem-mesem, optimis dia.

"Dinda Indriani.... LULUS! dengan nilai A, IPK 3,4" *kalo ga salah*
Gue cuma nepok bahunya ngasih selamat, gegara gue masih deg2an hahaha

"Kara Rahmamitya... LULUS! dengan nilai skripsi A, IPK 3,3"
ALHAMDULILLAHH...
gue berbisik ke dinda "Dinda, itu boong ya?"
ahhaha kenapa gue bisa komen gitu ya? Soalnya gue mikir, ihh mereka boong yahh tadi skripsi gue kaya dibilang salah dan ambigu tapi kok gue lulus, dapet A pulak. Bener2 membingungkan namun alhamdulillah hahaha

Masa pas gilirannya Bais dan Kang Harid (mereka sebelahan) mereka di skip! Dosen bilang, yang dua ini nanti saja yaa.. lalu dia nyebutin mahasiswa lainnya yang lulus semua. Disitu muka Bais langsung puceettt, asyeem. Kang Harid langsung ngucek2 mataa... nutupin muka pake tangan. Lah gue juga panik, trus nyubit2 Dinda. Terus Dinda blg "Ih karaaa, itu tuh pasti cuma permainan aja! Pasti lulus lah"
Dan giliran mereka disebut... "Kalian tidak... harus mengulang lagi! Alias lulus!" Muka mereka langsung lega, mata berkaca2.. dan kita pun bersorak!
Yeaayy alhamdulillah semua yang sidang hari itu lulus semua! Yeayy jadi selametin satu2 deh, dan langsung pegang BB kabarin org2 terdekat terutama bokap nyokap yang lagi di kosan gue beberesin kosan gue. Karena gue mau langsung cabut malem itu juga dari kosan :s
Ehhh sampai lupa kabarin suami sendiri dehh hahahaha... 

Setelah foto-foto kita langsung pulaaaang masing-masing huhuhu soalnya gue buru-buru, jadi misah deh sama dinda dan bais hikshiks.
Kara-Dinda-Bais
before sidang and after sidang

Sampai kosan gueee, kosan gue udah setengah kosong! Huhuhuhuh kasian ngerepotin emak bapak. Udah beresin kosan gue, trus harus nyetirin pulak ke jakarta huhuhuhu. Jadi merasa bersalah mesen tiket mepet banget sama sidang. Ebihhh kamu ngerasa bersalah gak???? Hayo!!!!

Sekitar jam 9 malam kita cabut dari Bandung menuju Jakarta....
Alhamdulillah sampai Jakarta jam 1 malam dengan badan rontok hiks hiks.
Semua ini belom berakhir kara, elo masih harus packing untuk keberangkatan elo besok menuju Melbourne, flight jam 20.30. krik krik...

Zzzzz... Grookkk... Groookkk....

- Kara Rahmamitya Anindyajati, S.Ikom

*gubrakss*

6 comments:

  1. akhirnyaaaaa ada posting baru dari kak Kara (kangen baca cerita2nya kak kara), seperti biasa, hebring! tapi seru banget bacanya:D
    anyway congrats yah kak udah jadi sarjana Ikom :DD

    ReplyDelete
  2. Selamat ya mbak Dan selamat berkumpul kembali dgn suami, fo good :)

    ReplyDelete
  3. Kara.... ( hehe sok kenal) btw congrats ya udah sarjana . ceritanya lucu :D
    jd nambah ilmu buat mau sidang jg bulan dpn hehe . btw baru tau kara anak nenjer juga ... pantesan kece hehehe
    ( ini yora yg tmnnya teh ghaida yg di hijabfest waktu kenalan )hehehe

    ReplyDelete
  4. cie kak karaaaaa, selamat yaaaaa :)))

    ReplyDelete
  5. huahahaha, baru liat postingan kara yg ini dan knp gw 'menonjol' dah karrr :p
    tapi beneran mau nangis tuh gw kar pas dadah2an hikshiks
    see you, karafaz....

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails