Wednesday, February 19, 2014

BLW Keevara 6 bulan.

Assalamualaikum!!!

Hadeeeuuu ini blog udah banyak sarang laba-laba kayanya yaaaa....
Itu postingsn review 2013 aja belom selesaiii, ehhh foto-fotonya udah ilang gara-gara hp lama yang kecebur wc udah ditukar yang baru di apple store. Huikss. Tapi sebenernya fotonya masih kesimpen sih di icloud tapi gimana cara restorenya auk dehh...

Terus gak ngeblog2 tuh sebenernya karena pengennya nulis blognya tuh dari awal lahiran sampai sekarang secara cakep berurutan. Tapi manaaaa yang ada malah numpuk ga ke tulis2! Hhhh... Keburu lupa sama kisahnya keevara. Ini aja udah menginjak 7 bulan. Thats why i made an instagram account for her biar at least gue ga lupa2 banget sama progres pertumbuhannya dan kelucuannyaa..

Yaudalah kita cerita mulai dari BLW aja kali yaaa...
Dulu waktu keevara masih 4 bulan, sempet deg2an kalo nanti waktunya Keevara mpasi. Gak siap mempersiapkan segala makanannya belom lagi harus masak buat popoynya. 
Lalu tiba2 ada tag photo dari tantenya keevara alias si caca alias ibunya Sienna. Yang ngasitau kalo nanti anak udah makan pake metode blw aja, dan dia jabarkan banyak keuntungannya. Dia kasih tau bukunya. Langsung deh gw tertarik. Ternyata blw ga asing bagi gue, karena biasa liat saran dokter2 di twitter ke ibu2 yang anaknya susah makan. Setelah gue google baru ngeh banget. Oiya gue juga terkesima sama kemahiran sienna makan, belum setahun (waktu itu) udah gape makan pake garpu sambil nawarin nyuapin ibunya. Beuhh!
Dan akhirnya memutuskan untuk beli ibooknya. Meskipun bacanya sambil loncat2 dan sebagian besar udah baca dari google, tapi emang mesti dibaca secara utuh bukunya.
Awalnya gue bingung, kok dia gak guide kita apa yang pertama kali harus di kasih. Buah kah? Sayur? Serealia? Cuma penasaran itunya doang tapi ga nemu2. Ternyata intinya blw tuh ya bebas ajaa mau kasih apaan duluan tapi akhirnya gue milih buah. Dan gue google2 sendiri aja dari blog ibu2 akhirnya gue nemu pola gue sendiri berdasarkan comot sana comot sini.

Secara garis besar BLW itu:
1. Gak menganut 4 days rule, karena katanya itu cuma buat bayi yang dikasih makan 4 bulan yang pencernaannya belom mateng. Sedangkan bayi 6 bulan udah mateng pencernaannya jadi bebas kasih apa aja ganti2
2. Kunci dari BLW itu mengenalkan tekstur, rasa, warna, bentuk, jadi biarkanlah bayi bereskplor (susui dulu sebelum makan). Karena usia segini yang penting adalah pengenalan, bukan seberapa banyak makanan masuknya.
3. Takut anak tersedak? Pelajari tentang bedanya gagging dan choking. Alhamdulillah keevara ga pernah sampe muntah atau choking. Paling gagging aja, dia kelolotan tapi abis itu dia lepeh (hore!)
4. Walaupun belom punya gigi gapapa, karena gusi bayi itu kuat. Toh dia juga akan belajar ngunyah duku gak langsung ditelen
5. No puree. Ahiyyyy ini yang gue seneng, gak perlu saring2 gak perlu blender2 langsung aja kasih secara utuh.
6. Intinya kasih finger food, kalo buahnya licin kasih tepung roti atau apa gitu biar ga licin.
7. BLW mengajak anak untuk belajar ngunyah makanan bukan menelan, dengan mengunyah makanan akan ada air liur yang bagus untuk mencerna makanan

Tantangan BLW:
1. Expect mess!!! Sabar2in berantakan dimana2
2. Kalo belom tertarik, tawarin terus
3. Komentar dari sekeliling (untung keevara jauh dari kakek neneknya tp so far mereka support aja karena udah ada buktinya sienna jadi canggih. Menyiasati supaya orang mesjid gak kaget adalah upload album keevara blw, maka mrk tau dgn sendirinya dan ga sedikit yang komen kuatir wkwkwkw)
4. Makanan yang masuk sedikit, makanya bb nya naiknya dikit2
Oya kenapa gue pede pake metode blw ini adalah bukan hanya gue yang males blender2 tapi karenaaaa keevara dari 5 bulan udah segala apa aja dimasukin ke mulutnya. Udah pinter banget megang, genggam apa aja. Mungkin karena dari bayi ga gue biasain pake sarung tangan jadi motoriknya cepet.
Dari 6 bulan kurang udah gue coba2 ajak kalo kita lagi makan, yang ada dia mupeng ngeliatin apa yang masuk ke mulut kita hahaha lucu banget. Ampe dangak2 ngeliatin kita makan apa dan tentu aja menggapai2 makanan di meja wkkwkwkwkw.

Peralatan Keevara yang gue beli adalah
1. Bib plastik
2. Doidy cup (training cup)
3. Bumbo seat
4. Sippy cup buat travelling
5. Kotak makan yang ada tempelannya 
6. Sendok makan
Nah kebetulan pas dia umur 6 bulan, kita mau ke Sydney liburan. Jadi gue agak kuatir nanti gimana makannya. Akhirnya sehari sebelum Keevara 6 bulan which was 17 januari, kita kasih dia buah yaitu mangga melon apel.
Alhamdulillah responnya bagus sekali, dia langsung lahap!
Gak lupa dokumentasi selalu on! Hahhaa
Dulu gue pikir dia belom bisa duduk di high chair. Maka gue malah beli bumbo seat yang ada traynya. Tapi yang ada kok dia malah bongkok2 yaaa... Hmmm
Ketakutan gue soal BLW ini adalah, pada awalnya katanya ajan slow weight gain. Karena yang masuk masih sedikit.
Nah gue tuh dari dulu parno keevara BB nya kurang. Dr bayi dia emang bb nya ga naik drastis sampe kalo ke maternal disuruh nurse nya minum sufor. Hiks! Stress. Sampe akhirnya gue memutuskan untuk pindah maternal. Surprisingly maternal yang baru ini nurse2nya baik banget dan sangat kooperatif. Sorry to say bukannya rasis, tapi maternal yang dulu itu orang asia. Dan banyak yang ngeluh sama nurse itu. Sedangkan di tempat baru ini nursenya bule dan suportif.
They said keevara is ok, masih normal walau dikit bb nya. Toh ibunya juga kecil, orang asia kan kecil2 beda sama bule apalagi kurva yang di buku ijo itu kan kurva bayi bule. Horeee... Alhamdulillah. Waktu itu pindahnya pas keevara 4 bulan , waktu keevara dibilang di suruh mulai makan. Hihhh...
Pas secondopinion di maternal baru, mereka bilang gausah dulu karena ciri anak siap makan kan salah satunya leher udah tegak dan dia kalo disodorin sendok mau. Nah ini keevara mah belom sama sekali.

Nah back again, keevara harus nimbang bb pas 6 bulan. Pokoknya bawaanya kalo harus nimbang tuh deg2an apalagi gue mau pake metode blw jadi takut nursenya ga kooperatif.
Singkat cerita, sekitar 4 hari di Sydney, yaa makannya keevara masih iya2 engga gitu deh karena kan kita pergi2 mulu jadi ya ribet aja dan males aja kalo berantakan.
Pulang dari Sydney keevara habis itu imunisasi, dan jadwal nimbangnya harusnya pas kita di sydney jadi harus bikin appointment lagi.

Alhamdulillah 30 januari akhirnya nimbang jugaa...
Awalnya ditanya2, udah makan apa aja..
Trus dia saranin udah mulai kasih daging atau ayam atau lambchop. Biarin dia pegang sendiri dan emut2 katanya. Karena anak umur 6 bulan udah butuh iron dari makanan, karena asi ironnya udah menurun. Gue mikir, lah kaya blw yak suruh pegang sendiri gitu.
Terus akhirnya gue bilang, kalo gue make metode blw. Dia langsung bilang excellent, great. Dia juga blw buat anak2nya, emang nanti baru pinter makannya pas umur 8.
Dia juga ajak keevara ngobrol, dan keevara nyaut dengan senyum.

Tibalah saatnya nimbang...
Jrenggg... Timbangan digital itu menuliskan 5,6 kg. Hah ga salah nihhhh huhu nambah lagi donggg... Gue ngarepnya dia udah 6 kg hiks. Karena timbangan wkt 4 bulan dia 4,9 kg.
Hmm tapi alhamdulillahnya si nurse bilang its oke walaupun kurvanya bb keevara drop off keluar dari garis. As long as head circumtance nya naik terus, dan tingginya juga naik walaupun turun satu garis. Katanya gpp kok, tawarin makan aja lebih banyak. Alhamdulillah legal gue gatau apa yang terjadi kalo gue masih di maternal lama, kayanya gue bakal setres lagi huhuhuhuhu. Alhamdulillah tapi pokoknya dapet nurse yang support blw malah dia ga suruh campur spoonfed walau Keevara kurvanya drop off. 
Oya kata nursenya jangan pake bumbo seat, malah dia bikin bungkuk dia belom bisa duduk situ. Taro high chair yang selevel sama meja makan kita. 

Pola BLW yang gue terapkan ke keevara adalah
1. Buah untuk sarapan. Sok menganut food combining geto hahhaha gw jg sok sarapan buah si
2. Karbo siang hari
3. Sayur malam hari (tapi jarang bgt gue offer makanan di malam hari hahah males amat bersihinnya)

Kenyataannya keevara itu sembelit hikss. Karena sedikit minum air putihnya, tapi kalo jus doyan hahahah bodo deh yang oenting ada cairan masuk selain asi. Kadang sedih juga kalo liat dia ngeden muka ampe merah, malah ampe nangis huhuhuhu.

Keevara udah makan apa aja?
Buah: Mangga, melon, apel, plum, pear, kiwi, semangka, alpukat
Sayur: zucchini, timun, labu, tomat, brokoli, wortel
Karbohidrat: roti gandum (jarang kasih karbo karena dia masih sembelit)
Daging2an: paha ayam, ikan, sosis (boleh cuma seminggu sekali kata bukunya)
Apalagi ya lupa, abisnya udah banyak yang dia makan. Saking banyaknya, banyak yang ngasal juga. Udah makan sushi, es teler, roti mantau, french fries mcd.. Hmm hahhaha idealisme terbentur realitas.
Oke dehh segitu duluu, harusnya gue bikin menu jadwal sebulan pake tabel, tapi kenyataan di lapangan ya apa ajalah hehehhe.. 

Oya akhirnya beli high chair chicco, tadinya mau beli hi chair ikea tapi ga ada belt untuk di bahunya plus kaki2nya ga bisa dilipet. Yang ada menuh2in rumah. Jadi beli chicco ini bisa di lipet, tray nya gede banget. Kakinya ada rodanya. Ahh enak bangett.. $50 aja dari ebay huehehehe

Segitu dulu aja deh... Semoga rutin post blognya. Hehehe


PS: biarkan anak bebas bereksplorasi makan dengan kedua tangannya. Nanti kalo udah besar, baru deh diajarin makan pakai tangan kanan.

Sangat dianjurkan baca selengkap2nya soal BLW buat ibu2 yang mau menerapkan metode ini. Karena metode ini harus banyak tau dan harus agak tega ama anak wkwkwkkw . 
Good luck!

9 comments:

  1. Mbak kara.. bayiku mulai mpasinya pas dia 5 bln.. d ksh pure, skr dah 8 bln krn aq baru tau blw jdnya ak terapkan itu, jd lucu ngliat dia mkn sdri... brserakan yg buat capek.. trus aq kepal2 nasinya biar enak dia pegang bonusnya agak mngurangi brserakannya.. tpi makannya agak lamaaaaa bgt.. krn mkn sdri itu, emg kalo blw ga boleh disuapin ya kar..? Prnah aku coba suapin dianya maem smbil ngoceh2 kesal ga senang di suapin tp di 'am juga.. kalo ga lamaaaaa x trkadang smpe ktiduran di kursi mkannya.. kasian ngliatnya.. posting ttg blw lg ya kar.. biar tmbah info.. oya kalo kevara jadwal mkannya gmn? Sharing dunk sesama bunda hehehe.. tq bnyak ya.. sehat trus kevaraaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... Aku sih ya sambil disuapin juga, apalagi kalo remah2 yanh jatoh gitu drpd mubazir ya dikumpulin trus disuapin ya dia sih mau2 aja disuapin jadi aku ga masalah. Kalo di buku blw ditulis lamanya anak makan tuh 40 menit... Ya kalo aku sih selagi dia masih mau mangap ya aku biarin aja tp kalo dia udah nangis walau makanannya belom selse sih ya aku udahin aja hehe. Kalo jadwal makanan sih aku masih ngaco hahahah sarapan aja jam 9, makan siang jam 3.. Trus kadang malemnya ga makan hahaha karna keburu dia udah tidur atau ya males aja berantakan makannya jd ya kadang disuapin. Ya so far sih makannya masih dua kali aja hehehe

      Delete
  2. Hallo kara!
    Kemaren gw juga baru sari MCH yang di glenhuntly.. Kalo anak sufor memang disaran kan makan dari 4 bulan untuk mengurangi alergi atau zat yg bagus dari sufor tapi klo bayi asi tetap dari 6 bulan �� setuju! Kalo dapat nurse baik mendukung asi. Gw Kebayang gimana perasaan liat berat badan bayi ga naik2. Stress!! Anak gw pas 3 bulan cuma naik 750 gr udah stress hampir baby blues lagi! Hahaa.. Insha allah mau blw an juga nanti jadi udah mulai browsing sana sini. ga ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin di sini ga dibilang asi atau sufor, tp disuruh aja makan. Untung pindah. Kalo ga bisa nyesel deh atau bs stress karna keevara gamau makan karna emg blm waktunya. Ihh 750 gr mah banyakk... Keevara ga pernah naik sebulan segituu... Paking 500 kayanyaa.. Yah emg inyut anaknya kaya emaknya haha

      Delete
  3. salam kenal kara.. pas bgt aku lg mw blw buat anakq bln dpn,dan baca ini.. kayaknya urung deh niatnya beli bumboo chair nya. btw keeva uda bs duduk ya di highchair? klo buat yg msh bljr duduk gmna ya..
    oya smpet liat di ig nya keeva skg spoonfeed jg ya keeva? apa gara2 bb yg drop off trus? sorry bnyk nanya dear,haha. dan dtunggu postingan blw slnjtnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... Bukan drop off terus, dia emang dr asix naiknya sedikit2... Jadi pas udah 6 bulan dia udah di luar kurva bawah tp dia bb nya naik terus kok. Makanya spoonfed ya buat ngejar bb nya aja, takut naiknya dikit bgt. Keevara blm bs duduk sendiri makanya didudukin di high chair yg pake strap buat nopang badannya, kadang ga pake strapnya ya karna di mejanya udah ada penahan buat kakinya supaya ga jatoh :) iya insyaallah nanti ngepost lg. thanks udah baca

      Delete
  4. kara, boleh dibagi dong, referen buku BLW yang kara baca judulnya apa, penulis siapa?aku baru hamil 8 bln tapi pengen juga belajar mulai sekarang buat BLW-in anak ntar :)
    bunch of thanks Kara!

    -Ratri-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya berjudul Baby Led Weaning. Beli di Gramed or Peri plus aja, atau beli ibooknya :)

      Delete
  5. inspiring mba.. will do it! walo telat sich.. bayiku dah 9 bulan.. :D

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails